Usaha Kecil Menengah



TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM


Kelompok 2
2KA09




                             UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
2015/2016
ANGGOTA KELOMPOK


Linda Radika Askar                                             16114084
Rony Wicaksono                                                  19114807
Ahmad Dihan                                                       10114538
Pintan Ridwan                                                      18114446
Putri Meidina Aisyah                                           18114611
Nila Chintia                                                          17114951
Prasetyo Andre Marchellino                                18114487
Victor Sihombing                                                 1C114026
Yudha Oktiano S. P                                              1C114496
Iqbal Darmawan                                                   15114397
Ifnu Shyfa                                                             15114094
Yudi Setyo Jati                                                      1C114518
Adji Suryo Sumirat                                               10114334
Syaiful Bachry                                                      1A114587
Ammar Pratama Zulkilfli                                     10114970






KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas karunia dan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah teori organisasi umum ini.
       Makalah ini berisikan tentang faktor dan proses berubah dan berkembangnya sebuah organisasi. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang perkembangan organisasi.
       Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam menyusun makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT selalu memberkai kita semua. Amin

Depok, 19 November 2015
penulis








DAFTAR ISI


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang……............................................................................ 4
1.2 Rumusan Masalah............................................................................... 4
1.3 Tujuan Pembahasan............................................................................. 5
1.4 Manfaat Penulisan............................................................................... 5
1.5 Batasan Masalah….............................................................................. 5


BAB II
PENDEFINISIAN
2.1 Definisi UKM……….......................................................................... 6
2.2 Jenis-Jenis UKM…........................................................................... 6-7


BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Biografi................................................................................................. 8
3.2 Sejarah.................................................................................................. 8
3.3 Hasil Kunjungan.............................................................................. 9-14


BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan...................................................................................... 15
4.2 Saran................................................................................................ 15


DAFTAR PUSTAKA............................................................................ 16

BAB I
1.1 Latar Belakang
Seiring dengan kemajuan zaman, telah banyak terjadi perubahan disekitar kita. Salah satunya adalah persaingan dalam dunia bisnis yang sedimikian ketat, hal ini dapat kita lihat dengan banyaknya perusahaan sejenis yang menawarkan jenis produk yang hampir mirip. Contoh persaingan yang terjadi dapat dilihat pada pembuat topi menggunakan design dari komputer. Karena banyaknya persaingan tersebut maka perusahaan saling berlomba-lomba untuk menciptakan topi menggunakan design dari komputer yang bermutu dan berkualitas tinggi.
Dengan melihat kesadaran masyarakat yang cukup tinggi terhadap kenyamanan berjalan maka banyak peminat topi menggunakan design dari komputer yang bermutu dan berkualitas tinggi di toko-toko. Dengan banyaknya pilihan topi maka calon pembeli/konsumen topi juga akan lebih banyak pertimbangan.kosumen akan membeli topi yang keunggulannya banyak dan harga yang tidak terlalu tinggi.

1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana cara bersaing berwirausaha dengan pasar pada masa sekarang ini?
2. Bagaimana cara membuat pembeli merasa nyaman dan percaya dengan produk – produk yang akan dipasarkan ?
1.3 Tujuan Pembahasan
1. Agar pembaca mengetahui berapa biaya untuk mendesaign sebuah topi
2. Agar pembaca mengetahui berapa hasil penjualan desaign topi



1.4 Manfaat Penulisan
Adapun manfaat penulisan makalah ini adalah:
1. bermanfaat sebagai suatu proses belajar dalam wirausaha
2.Dapat mengkaji lebih dalam tentang jenis topi menggunakan design dari komputer
3. Bermanfaat sebagai suatu proses belajar untuk mengetahui cara berwirausaha

1.5 Batasan Masalah
1. Kurangnya rasa percaya masyarakat atau pembeli terhadap usaha UKM.
2. Sedikitnya minat dari pembeli terhadap usaha UKM.
         

BAB II
PENDEFINISIAN
2.1 Definisi UKM
UKM disingkat usaha kecil menengah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunannya tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut keputusan presiden RI no.99 th.1998 pengertian usaha kecil adalh “ Kegiatan Ekonomi Rakyat”yang beresiko kecil dengan bidang usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.
2.2 Jenis-Jenis UKM
1.Usaha Manufaktur
  Usaha yang mengubah input dasar menjadi produk yang bisa dijual kepada konsuen. Kalau anda bingung,contohnya adalah konveksi yang menghasilkan mebel,hiasan rumah , souvenir dan sebagainya.
2.Usaha Dagang
  Usaha yang menjual produk kepada konsumen. Contoh adalah pusat jajanan tradisional yang menjual segala macam jajanan tradisional atau toko kelontong yang menjual semua kebutuhan sehari-hari.
3.Usaha Jasa
Usaha yang menghasilkan jasa,bukan menghasilkan produk atau barang untuk konsumen. Sebagai contoh adalah jasa pengiriman barang atau warung internet (warnet) yang menyediakan alat dan layanan kepada konsumen agar mereka bisa browsing , searching , blogging atau yang lainnya
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Biografi
·        Nama Pemilik               : Chairul Parulian
·        Umur                             : 34 tahun
·        Tahun Berdiri                : 2014
·        Nama Toko                    : Alugada
·        Alamat                           : Jalan Kesehatan no. 34b

3.2 Sejarah
Awal pembuatan usaha ini, sang bapak mempunyai modal nekat tanpa uang. Ia hanya mempunyai modal pc dan tempat untuk berjualan.
Pada suatu hari, ia terfikirkan untuk mendesaign topi dan mencoba untuk membuat beberapa desaign awal untuk di pasang pada topi yang akan di jual.
Saat awal berjualan, memang toko tempat ia berjualan sangat lah sepi, karena tokonya termasuk baru disana. Saat beberapa hari kemudian mulai lah beberapa orang berdatangan untuk membeli topi dari tempatnya dan ia dapat mencapai penghasilan sampai 420 juta.
                         
3.3 Hasil berkunjung

Gambar di atas adalah dimana saat beberapa anggota kelompok berkunjung untuk survei ke toko topi, toko ini sudah berdiri selama 4 bulan dan tampak di belakang ada beberapa hasil topi yang sudah di buat oleh pengrajinnya.




Produk-produk yang dihasilkan
Produk-Produk yang dihasilkan oleh usaha ini yaitu:
- topi
- kaus
-jaket

Porsi Penjualan
Dalam sehari sang pengrajin dapat menjual beberapa topi dengan penghasilan bersih sebanyak 60-300 ribu /hari dengan dp awal untuk pembelian design topi sebesar -/+ 200 ribu

pada foto di atas tampak sang pengrajin sedang membicarakan desain apa yang di inginkan oleh konsumen dan akan segera ia buat dalam waktu sehari atau beberapa hari kerja.


Topi di atas adalah salah satu hasil design dari sang pengrajin topi.


BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan di UKM pengrajin desaign topi, penghasilan bersih sebanyak 60-300 ribu /hari dengan dp awal untuk pembelian design topi sebesar -/+ 200 ribu
4.2 Saran
Saran untuk toko ini, setidaknya tokonya agak di perbesar dan di renovasi lalu topi topi hasil design di susun rapi pada lemari kaca agar terlihat lebih rapih dan bersih. Maka pengunjung dan konsumen pun akan senang saat berkunjung ke toko sang penjual.



DAFTAR PUSTAKA

Google.com/ukm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep, Metode dan Alat, dan Regulasi Audit

Algoritma Water Jug

Perbedaan Strata Jabatan