Usaha Kecil Menengah
TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM
Kelompok 2
2KA09
UNIVERSITAS
GUNADARMA
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
2015/2016
ANGGOTA
KELOMPOK
Linda Radika Askar 16114084
Rony Wicaksono 19114807
Ahmad Dihan 10114538
Pintan Ridwan 18114446
Putri Meidina Aisyah 18114611
Nila Chintia 17114951
Prasetyo Andre Marchellino 18114487
Victor Sihombing 1C114026
Yudha Oktiano S. P 1C114496
Iqbal Darmawan 15114397
Ifnu Shyfa 15114094
Yudi Setyo Jati 1C114518
Adji Suryo Sumirat 10114334
Syaiful Bachry 1A114587
Ammar Pratama
Zulkilfli 10114970
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke
hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas karunia dan rahmat-Nya penulis dapat
menyelesaikan makalah teori organisasi umum ini.
Makalah ini berisikan tentang faktor dan proses berubah dan
berkembangnya sebuah organisasi. Diharapkan makalah ini dapat memberikan
informasi kepada kita semua tentang perkembangan organisasi.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena
itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami
harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih
kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam menyusun makalah ini dari
awal sampai akhir. Semoga Allah SWT selalu memberkai kita semua. Amin
Depok,
19 November 2015
penulis
DAFTAR
ISI
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang……............................................................................ 4
1.2
Rumusan Masalah............................................................................... 4
1.3
Tujuan Pembahasan............................................................................. 5
1.4
Manfaat Penulisan............................................................................... 5
1.5
Batasan Masalah….............................................................................. 5
BAB
II
PENDEFINISIAN
2.1
Definisi UKM……….......................................................................... 6
2.2
Jenis-Jenis UKM…........................................................................... 6-7
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1
Biografi................................................................................................. 8
3.2
Sejarah.................................................................................................. 8
3.3
Hasil Kunjungan.............................................................................. 9-14
BAB
IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan...................................................................................... 15
4.2
Saran................................................................................................ 15
DAFTAR
PUSTAKA............................................................................ 16
BAB I
1.1
Latar Belakang
Seiring dengan kemajuan zaman, telah banyak terjadi
perubahan disekitar kita. Salah satunya adalah persaingan dalam dunia bisnis
yang sedimikian ketat, hal ini dapat kita lihat dengan banyaknya perusahaan
sejenis yang menawarkan jenis produk yang hampir mirip. Contoh persaingan yang
terjadi dapat dilihat pada pembuat topi menggunakan design dari komputer.
Karena banyaknya persaingan tersebut maka perusahaan saling berlomba-lomba
untuk menciptakan topi menggunakan design dari komputer yang bermutu dan
berkualitas tinggi.
Dengan melihat kesadaran masyarakat yang cukup
tinggi terhadap kenyamanan berjalan maka banyak peminat topi menggunakan design
dari komputer yang bermutu dan berkualitas tinggi di toko-toko. Dengan
banyaknya pilihan topi maka calon pembeli/konsumen topi juga akan lebih banyak
pertimbangan.kosumen akan membeli topi yang keunggulannya banyak dan harga yang
tidak terlalu tinggi.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana cara bersaing berwirausaha dengan pasar pada
masa sekarang ini?
2. Bagaimana cara membuat pembeli merasa nyaman dan
percaya dengan produk – produk yang akan dipasarkan ?
1.3 Tujuan Pembahasan
1. Agar pembaca mengetahui berapa biaya untuk mendesaign sebuah topi
2. Agar pembaca mengetahui berapa hasil penjualan desaign topi
1.4 Manfaat Penulisan
Adapun manfaat penulisan makalah ini adalah:
1.
bermanfaat sebagai suatu proses belajar dalam wirausaha
2.Dapat mengkaji lebih dalam
tentang jenis topi menggunakan design dari komputer
3.
Bermanfaat sebagai suatu proses belajar untuk mengetahui cara berwirausaha
1.5
Batasan Masalah
1. Kurangnya rasa percaya masyarakat atau pembeli
terhadap usaha UKM.
2. Sedikitnya minat dari pembeli terhadap usaha UKM.
BAB II
PENDEFINISIAN
2.1 Definisi UKM
UKM disingkat usaha kecil menengah
sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih
paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunannya tempat usaha.
Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut keputusan presiden RI no.99 th.1998
pengertian usaha kecil adalh “ Kegiatan Ekonomi Rakyat”yang beresiko kecil
dengan bidang usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan
usaha yang tidak sehat.
2.2
Jenis-Jenis UKM
1.Usaha
Manufaktur
Usaha
yang mengubah input dasar menjadi produk yang bisa dijual kepada konsuen. Kalau
anda bingung,contohnya adalah konveksi yang menghasilkan mebel,hiasan rumah ,
souvenir dan sebagainya.
2.Usaha Dagang
Usaha
yang menjual produk kepada konsumen. Contoh adalah pusat jajanan tradisional
yang menjual segala macam jajanan tradisional atau toko kelontong yang menjual
semua kebutuhan sehari-hari.
3.Usaha Jasa
Usaha yang menghasilkan jasa,bukan menghasilkan
produk atau barang untuk konsumen. Sebagai contoh adalah jasa pengiriman barang
atau warung internet (warnet) yang menyediakan alat dan layanan kepada konsumen
agar mereka bisa browsing , searching , blogging atau yang lainnya
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1
Biografi
·
Nama Pemilik : Chairul Parulian
·
Umur : 34 tahun
·
Tahun Berdiri : 2014
·
Nama Toko : Alugada
·
Alamat : Jalan Kesehatan no. 34b
3.2
Sejarah
Awal
pembuatan usaha ini, sang bapak mempunyai modal nekat tanpa uang. Ia hanya
mempunyai modal pc dan tempat untuk berjualan.
Pada
suatu hari, ia terfikirkan untuk mendesaign topi dan mencoba untuk membuat
beberapa desaign awal untuk di pasang pada topi yang akan di jual.
Saat
awal berjualan, memang toko tempat ia berjualan sangat lah sepi, karena tokonya
termasuk baru disana. Saat beberapa hari kemudian mulai lah beberapa orang
berdatangan untuk membeli topi dari tempatnya dan ia dapat mencapai penghasilan
sampai 420 juta.
3.3
Hasil berkunjung
Gambar
di atas adalah dimana saat beberapa anggota kelompok berkunjung untuk survei ke
toko topi, toko ini sudah berdiri selama 4 bulan dan tampak di belakang ada beberapa
hasil topi yang sudah di buat oleh pengrajinnya.
Produk-produk
yang dihasilkan
Produk-Produk yang
dihasilkan oleh usaha ini yaitu:
-
topi
-
kaus
-jaket
Porsi
Penjualan
Dalam
sehari sang pengrajin dapat menjual beberapa topi dengan penghasilan bersih
sebanyak 60-300 ribu /hari dengan dp awal untuk pembelian design topi sebesar
-/+ 200 ribu
pada
foto di atas tampak sang pengrajin sedang membicarakan desain apa yang di
inginkan oleh konsumen dan akan segera ia buat dalam waktu sehari atau beberapa
hari kerja.
Topi
di atas adalah salah satu hasil design dari sang pengrajin topi.
BAB
IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
berdasarkan
hasil observasi yang kami lakukan di UKM pengrajin desaign topi, penghasilan
bersih sebanyak 60-300 ribu /hari dengan dp awal untuk pembelian design topi
sebesar -/+ 200 ribu
4.2
Saran
Saran untuk toko ini,
setidaknya tokonya agak di perbesar dan di renovasi lalu topi topi hasil design
di susun rapi pada lemari kaca agar terlihat lebih rapih dan bersih. Maka
pengunjung dan konsumen pun akan senang saat berkunjung ke toko sang penjual.
DAFTAR
PUSTAKA
Google.com/ukm
Komentar
Posting Komentar